Ceritaku · Pengalaman

Anak Kami, Urusan Kami

Hajatan mitoni selesai sudah. Ku dengar ada beberapa kekurangan, antara lain ada tetangga yang tidak kebagian nasi berkat, muridku yang tak diantar rujak, dan awug-awug yang harusnya pakai beras ketan, tetapi dimasak dengan tepung beras.

Namun dari itu semua, ada yang bertanya, “Epik kenapa bisa bikin acara mitoni yang mirip sunatan begitu? Duit dari mana dia?”

Ku dengar bulekku menjawab “Ya mungkin dikasih ibu sama mertuanya.” Di sinilah ku perlu memberi penjelasan pada bulekku.

Ku katakan padanya, bahwa semua biaya ditanggung olehku dan suami. Memang, aku meminjam uang ibuku untuk talangan kalau kurang. Tetapi alhamdulillah, kami bisa langsung mengembalikannya.

Apakah masih kurang, statusku dan suami yang sama-sama bekerja dan kami punya usaha jualan popok yang dalam sebulan mampu menjual puluhan karton? Dan di akhir kata, ku tegaskan satu hal : ini anak kami, urusan kami.

Tak ada hubungannya dengan simbah-simbahnya. Hak dan kewajiban mereka hanya memberi kasih sayang. Aku tak pernah meminta uang pada kedua belah pihak orangtua. Kalaupun butuh uang, selalu ku pakai akad hutang dengan tempo pelunasan secepat-cepatnya.

Entah, ku pikir kali ini aku terluka. Kesan kami tidak mampu melakukan hal besar untuk buah hati sangat menyinggung harga diriku. Kerap ku katakan pada siapapun, “Dua tahun kami menanti anak ini. Kami capek-capek kerja, menabung, buat apa kalau tidak untuk membahagiakannya?”

Mungkin inilah yang disebut sebagai harga diri orangtua. Atau bisa juga dibilang sebagai gengsi. Apapun itu, kami bersyukur bisa melaksanakan acara syukuran yang layak untuk buah hati tercinta. Semoga kami pun mampu memenuhi segala kebutuhannya dan membuat hidupnya berkecukupan kelak. Tentunya tanpa terlalu dimanja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s