Tips

Obat Alami Kaki Kapalan

Puluhan tahun hidup, aku baru mengalami kaki kapalan ketika bekerja di pabrik. Pekerjaan yang memerlukan banyak gerak dan jalan ditambah dengan enggannya memakai kaos kaki membuat tumit yang tadinya mulus menjadi pecah-pecah. Aku sampai pangling melihat kaki sendiri saking jeleknya πŸ˜‚

Dulu, aku pernah melihat kerabatku memakai getah pepaya untuk mengobati kaki kapalan. Tetapi, aku mencoba inisiatif sendiri. Obat kaki kapalan yang ku pakai adalah minyak zaitun dan VCO. Kedua jenis minyak ini memang selalu ada di rumah sebab multi fungsi.

Hasilnya? Alhamdulillah dalam waktu sebulanan tumitku membaik. Dari kondisi yang mengerikan, tinggal dua atau tiga garis pecah-pecah saja. Padahal tadinya aku sempat malas melihat kaki sendiri.

Cara pakainya mudah. Oleskan minyak sambil dipijit-pijit pada bagian kaki yang kapalan. Setelah itu diamkan minimal 15 menit sambil kita baca buku, nonton youtube, atau apapun itu. Yang penting minyaknya jangan sampai terusap atau hilang sebelum 15 menit itu.

Kalau mau lebih bagus, rendam kaki dengan air hangat atau diusap pakai handuk hangat terlebih dulu. Ini bertujuan agar pori-pori kulit membuka, sehingga minyak lebih cepat meresap. Sebetulnya aku tidak rutin melakukannya tiap hari. Kadang seminggu sekali, kadang dua hari sekali. Tergantung mood πŸ˜‚ tapi alhamdulillah kok sembuh. Makanya agak takjub juga. Tabarakallah.

Harga minyak zaitun memang lebih mahal dibanding obat kapalan biasa di apotek. Tapi kan masih bisa dipakai berkali-kali. Untuk lulur, maskeran, dan juga pijat. Setelah sembuh, jangan lupa selalu memakai kaos kaki apabila kita banyak beraktivitas dalam lingkungan berdebu. Kesalahanku dulu saat memakai alas kaki kerja, aku malas pakai kaos kaki karena terlalu ribet saat mau ke toilet. Makanya, kaki yang lebih dari seperempat abad senantiasa baik-baik saja akhirnya memiliki kondisi mengenaskan πŸ˜‚

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s