Pengalaman

Mudik 2018 Lancar karena Hari Liburnya Beda

Ibu meneleponku, sambil berbincang ringan kami membahas soal arus balik yang sangat macet. Banyak orang beranggapan lebaran kali ini mudik lancar karena pembangunan infrastruktur yang lebih baik. Sungguh, aku bukan Jokowi hater pun bukan pemujanya. Aku adalah orang yang melihat ide dan karya seseorang serta berusaha tidak terkurung dalam kebencian dan kecintaan buta akan sesuatu. Namun, pada lebaran kali ini aku menganggap bahwa faktor terbesar pendukung kelancaran mudik adalah penetapan hari libur dan tanggal masuk yang berbeda-beda. Sebagai contoh…

Untuk kawan-kawan yang libur mulai tanggal 11 Juni yang jatuh pada hari Senin, mereka terakhir masuk kerja di hari Jumat 8 Juni. Sehingga, mereka bisa mulai mudik di hari Sabtu dan Minggu 9-10 Juni. Menurut reportase di beberapa portal berita yang ku baca, di kedua hari inilah terjadi puncak arus mudik. Itupun masih tergolong ramai lancar. Bukan macet.

Lalu, orang-orang yang libur pada tanggal 13 Juni bisa mudik mulai tanggal 12 malam. Pada saat itu, jalanan sudah sepi. Banyak orang yang sudah melewati puncak arus mudik di akhir pekan sebelumnya. Sebagai contoh ibuku sendiri. Berangkat pukul 16.00 dari Karawang, sampai di Batang pukul 21.30an. Hanya 5,5 jam. Sangat cepat! Ibuku, omku, bahkan suamiku yang bekerja di pabrik pun ketiganya memiliki tanggal libur yang berbeda.

Sedangkan kemarin saat pulang ke Karawang di tanggal 19 Juni, kedua orangtuaku mengalami kemacetan parah di Cikampek. Bapakku yang sebelumnya mudik di tanggal 14 naik motor dari Bekasi dengan waktu tempuh hanya 8 jam, kemarin balik ke Karawang memakan waktu 12 jam.

Kenapa? Karena banyak orang yang masuk kerja tanggal 20-21 Juni. Meskipun ada yang libur mulai 9 Juni dan 13 Juni, tetapi tanggal masuknya sama. Jadi, kendaraan yang melakukan arus balik bersamaan pada tanggal itu sangat banyak. Berbeda dengan saat mudik. Dengan tanggal libur berbeda, kendaraan yang turun ke jalan untuk mudik jauh lebih sedikit.

Aku masih ingat, dulu saat tanggal libur serentak, sudah dipastikan kami mengalami kemacetan parah. Rekor terlama perjalanan mudik yang pernah ku lakukan saat merantau di Bekasi adalah 25 jam. Biasanya orang punya hari libur yang sama menjelang dan setelah lebaran. Jadilah semuanya melakukan perjalanan mudik di H-3 hingga H-1 lebaran dan balik ke kota pada H+4 hingga H+7. Alhasil, jadinya macet baik saat mudik maupun balik ke kota.

Selain penetapan tanggal libur yang brilian ini, tak bisa dipungkiri keberadaan tol fungsional Batang-Semarang juga mempengaruhi proses kelancaran mudik. Sebagai orang yang tinggal persis di jalur pantura, kami biasanya kesulitan menyeberang jalan dan bepergian saat musim lebaran. Kendaraan begitu ramai memenuhi jalan. Bahkan ke pasar pun menjadi kegiatan yang menyiksa karena kami harus terjebak arus mudik yang ramai. Namun, tahun ini alhamdulillah kami bisa dengan mudah menyeberang dan bepergian tanpa perlu repot menunggu lama menanti mobil-mobil berpelat B di jalur utama sepi.

Bagaimanapun juga, kinerja pemerintah harus diapresiasi. Meski sebetulnya aku ragu akan bertahan lama. Sebab karakter masyarakat kita sangat konsumtif. Pasti akan banyak orang yang membeli mobil. Lalu beberapa tahun ke depan, mudik akan kembali menjadi neraka jalanan.

Aku sendiri termasuk pendukung pembangunan moda transportasi massal, contohnya kereta api. Kalau orang terbiasa naik kereta dan pelayanannya bagus, maka kegiatan mudik akan berlangsung lebih cepat dan tak menutup kemungkinan pembangunan ekonomi akan lebih baik. Termasuk dalam kegiatan sehari-hari. Mobilitas penduduk jadi lebih mudah. Contohnya orang di Batang bisa kuliah atau kerja di Semarang dengan melakukan PP tanpa harus kos di sana. Mereka akan jadi warga kota kecil dengan penghasilan kota besar. Ditambah, pikiran masyarakatnya akan jauh lebih terbuka karena bisa berinteraksi dengan masyarakat yang lebih heterogen šŸ˜„

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s