Pendidikan · Rumah Belajar · Uncategorized

Anak-Anak yang Kesepian

Ada beberapa anak yang rajin menyambangiku. Siang sudah datang, sore datang lagi hanya sekedar melihat teman-temannya belajar, dan malam pun masih ingin datang. Tapi biasanya aku larang. “Kebanyakan belajar itu gak baik. Malem ke musola aja ngaji yaaa”. Mereka inilah anak-anak yang sepi dari kehadiran orangtua.

Aku sendiri pernah mengalaminya. Ketidakhadiran ibu dan bapakku membuat gejolak dalam jiwa. Aku tak bisa bebas menceritakan masalahku, apa yang telah ku lalui di sekolah, dan tentunya porsi kasih sayang yang berbeda.

Suamiku juga mengalami hal yang sama. Bapak ibunya bekerja dan masa kecilnya dihabiskan dengan kehadiran seorang pengasuh. Sebab itu, suami memutuskan diriku tak perlu bekerja. Kami mengalami hal yang sama di masa kecil. Kealpaan orangtua. Dan aku menyetujuinya.

Selama sebulan mengajar, aku merasa kali ini Allah membuka segalanya. Kini aku tau ada anak-anak yang kesepian. Entah karena orangtuanya bercerai, kerja, ataupun memang ditinggal tak diakui. Hal yang dulu tak Allah bukakan semua pengetahuan itu padaku.

Semua tabir seolah tersingkap. Aku tak lagi ingin hanya sekedar mentransfer ilmu, tapi juga karakter dan kasih sayang. Hal yang aku rasa jauh lebih berarti bagi mereka dibanding hanya sekedar pengetahuan. Ketika karakter sudah kuat, ilmu apapun akan digunakan secara bijak. Itulah tujuanku. Karena dalam islam pun dijelaskan bahwa kedudukan adab lebih tinggi di banding ilmu.

Aku tak tau apakah ini muluk-muluk atau tidak. Yang penting aku telah memiliki tujuan hidup, yaitu menyayangi mereka. Oleh karena itu aku ingin membuat rumah yang aku tempati menjadi surga anak. Mungkin ini juga hikmah Allah. Memberikan lebih banyak anak untuk ku sayangi setelah aku kehilangan seorang anak yang ku kandung.

Bukankah ini menakjubkan?

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia. Akan tetapi, amal kebajikan yang terus menerus adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan (Al Kahfi : 46)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s