Pendidikan · Rumah Belajar · Uncategorized

Utsman : Cerita Hantu dan Belajar Menanamkan Nilai

Malam ini, anak-anak datang ba’da isya. Meski belum sempat duduk, sudah terdengar nada protes meminta jangan bercerita tentang hantu. Aha, ini pasti ulah nakal salah seorang dari mereka yang sudah menakut-nakuti duluan.

Sudah lazim bagi saya membuka kelas dengan dongeng. Setelah jumat kemarin sukses bercerita tentang Fatimah dan Ali yang menjaga kehormatan diri sampai menikah, nilai ceritanya bisa dirasakan hari ini. Anak laki-laki tidak mau disentuh anak perempuan. Bukan muhrim katanya 😀

Lalu soal setan, saya teringat cerita awal penciptaan nabi adam dan iblis. Dan saya terangkan siapa setan itu. Nyatanya tidak mudah membuat mereka menjadi berani. Lebih mudah membuat anak pemalu maju dan berbicara mengerjakan soal meski salah jawab dibanding memberi pengertian pada anak bahwa setan itu tidak menakutkan.

Saya merasa ini adalah PR yang besar. Sebagian besar anak yang datang malam ini rumahnya di tengah kebon. Mereka harus melintasi kegelapan malam jika ingin pulang. Entahlah, mungkin saya yang kurang pandai menanamkan nilai.

Setelah dipikir-pikir, ada untungnya saya pernah jadi agen asuransi. Bahkan saya pernah mengatakan betapa bagusnya pelatihan perbaikan mental yang mereka berikan. Inilah yang ingin saya lakukan pada anak-anak. Jika saya yang waktu itu berusia 24 tahun bisa berubah, pasti anak-anak pun bisa. Saya butuh energi yang lebih besar untuk menanamkan sebuah nilai pada mereka. Mereka adalah canvas yang bisa saya lukis nilai-nilai indah.

Termasuk membuat mereka tak lagi takut setan. Semoga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s