Pendidikan · Rumah Belajar · Uncategorized

Meningkatkan Motivasi Belajar Anak dengan Mendongeng

Sudah seminggu ini saya praktek mendongeng di kelas. Durasinya tak lama, hanya 5 menitan. Lumayan bisa membuat anak terpaku mendengarkan, tetapi juga cukup membuat saya mati kutu di awal. Ternyata mendongeng itu susah! Jauh lebih mudah menjadi pembicara wokshop di depan puluhan orang.

Saya bisa bilang begitu karena saya pernah melakoninya. Bicara di depan orang dengan mimik dan suara yang dibuat-buat merupakan hal yang baru. Saya sampai membeku ketika kehabisan kata. Padahal, saya sudah pakai alat peraga. Lain halnya workshop atau seminar. Kita hanya perlu menyampaikan isi pikiran dan pendengarnya pun sudah dewasa. Mereka lebih mudah diam mendengarkan dibanding anak-anak yang inginnya selalu bergerak ke sana ke mari.

Namun, saya akui dengan dongeng tersebut, ada peningkatan motivasi belajar anak. Yang dulunya malas kini jadi rajin masuk. Entah, mungkin karena sudah kuasa Allah juga. Saya tak akan lelah untuk bereksperimen demi kemajuan anak bangsa. Tsaah 😁

Dari lima hari mendongeng, agaknya kemarin adalah yang paling sukses. Anak-anak semua terdiam, terpana menyaksikan dan mendengarkan saya ngoceh. Meski saya sering lupa karakter suara si tokoh, mereka tidak terlalu mempedulikan.

Baik, mungkin pengalaman memang guru terbaik. Dari lima hari kegiatan mendongeng, empat hari saya merasa gagal dan setidaknya yang satu hari terakhir mulai menunjukkan perbaikan cara saya mendongeng. Itung-itung latihan untuk anak sendiri nantinya 😂

Ini akibat dulu suka meremehkan ajakan temen untuk ikut acara mendongeng 😁

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s