Rumah Belajar · Uncategorized

Rumah Belajar Utsman bin Affan Hari #24

Bagaimana rasanya mengajar anak les 60 orang dalam sehari? Capek sudah pasti. Tapi dulu saya menikmatinya. Mereka saya ajar sendirian. Tanpa ada asisten.

Namun, tak bisa dipungkiri ada rasa kurang puas. Saya takut mereka tak semua paham. Walau akhirnya, tetap saja mereka datang pada saya.

Sekarang tidak lagi. Saya mulai menolak penambahan murid baru dengan kondisi tertentu. Kini sudah 20 orang yang resmi menjadi murid tetap. Lima orang yang angot-angotan itu sudah rajin datang belajar. Sisanya yang tak pernah masuk hanya yang sudah SMP. Capek katanya 😁

Sebetulnya, mereka meminta saya mengajar malam. Sayangnya saya tidak bisa. Malam hari sudah ada satu orang yang minta privat. Ditambah tanggung jawab saya sebagai istri yang berusaha tidak terlalu kecapean untuk melayani suami.

Menurut pareto rule, 20% usaha yang kita lakukan akan berdampak pada 80% keberhasilan. Mengajar sedikit anak, tapi dengan kualitas pengajaran yang maksimal. Saya harap, 20 anak yang kini semangat belajarnya tinggi itu bisa saya bantu menemukan dirinya. Seperti beberapa hari ini, anak-anak yang biasanya minder dengan suasana ramai mulai percaya diri belajar tanpa minta buru-buru pulang. Biasanya, kalau anak-anak kloter berikutnya sudah datang, mereka langsung hilang fokus dan minta diakhiri sesi belajarnya.

Saya masih punya satu harapan, yaitu bisa membuat perpustakaan dan taman bermain untuk mereka. Terbersit keinginan menggalang dana dari teman-teman baik saya selama jadi aktivis di Bekasi. Namun, hati saya masih malu. Mau amal kok minta-minta orang?

Sekarang, saya masih meminjam teras rumah bulek sebagai tempat ngajar. Targetnya, semoga nanti dimudahkan mendapat tempat yang layak untuk tempat belajar anak-anak. Saya ingin membuka kelas keterampilan juga bagi mereka. Mengajari skill yang dibutuhkan untuk hidup, tak melulu ilmu pengetahuan.

Dan semoga suami lancar terus rejekinya untuk support usaha istri 😁😁

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s